Pages

Jumat, 04 Mei 2012

Panggilan Kehormatan dalam Bahasa Jepang

Dalam bahasa Jepang, ada yang dinamakan panggilan kehormatan. Kalo di negara lain, Amerika contohnya, itu seperti Mr., Mrs., Miss, etc. Kalo di Indonesia, ya, seperti Bapak, Ibu, Kakak, Adik, dsb.
Nah, kalo di Negara barat tadi, memanggil nama orang tanpa panggilan kehormatan sudah biasa, malah dianggap sudah akrab. Namun, berbeda dengan di Indonesia maupun Jepang, jika memanggil hanya nama saja, tidak memakai panggilan kehormatan maka dianggap sebagai suatu penghinaan.
Ada beberapa panggilan yang sering digunakan di Jepang, seperti :


1. San (ex: Kazuto-san)

San merupakan panggilan yang paling umum, netral dan paling sering digunakan dalam situasi apapun. Biasanya digunakan untuk menyapa seseorang, yang bukan merupakan anggota keluarga. Bisa juga digunakan untuk profesi seseorang. Bahkan, terkadang anak-anak di Jepang juga memanggil hewan atau benda diam dengan panggilan ini. Namun, panggilan ini kurang pantas dipakai saat keadaan formal, karena terkesan kurang sopan. San, ditulis dalam huruf hiragana. Dalam logat berbeda, terkadang san diucapkan sebagai Han.
2. Kun (ex: Kenta-kun)

Kun adalah panggilan nonformal yang digunakan oleh laki-laki. Umumnya, dipakai oleh atasan kepada bawahannya, laki-laki yang seumuran atau lebih muda.
3. Chan (ex: Tara-chan)

Chan adalah panggilan nonformal untuk anak-anak dan teman dekat atau anggota keluarga. Chan sendiri merupankan bentuk 'san' yang mengalami perubahan penyebutan. Chan juga bisa digunakan oleh orang dewasa yang ingin bersikap cute (kekanak-kanakan) pada lawan bicaranya. 
Chan jarang digunakan untuk anak laki-laki, tapi kadang juga digunakan ketika namanya tidak cocok dengam akhiran kun. Seperti san, chan juga bisa digunakan pada hewan atau benda mati. Pengucapan lain dari chan seperti, Chi(ใกใ‚“) dan Tan (ใŸใ‚“).
4. Sama (ex: Sato-sama)

Merupakan bentuk yang lebih formal dari san. Biasanya digunakan pada situasi formal atau saat menulis surat/pos. Sapaan ini digunakan untuk orang yang memiliki status lebih tinggi.
Terkadang, sama dipakai pada nama laki-laki yang dianggap tampan oleh fansnya.
5. Sensei
Merupakan panggilan dari siswa kepada guru/pengajarnya.
6. Senpai
Digunakan oleh junior untuk memanggil seniornya
7. Shi
Merupakan panggilan resmi ketika melakukan pidato atau pengajakan.
Nah, itu tadi panggilan yang lazim atau mungkin sering kalian dengar dalam percakapan bahasa Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong komentar menggunakan bahasa yang sopan ^^
Thanks